Suasana Imlek di Pontianak

Tidak terasa hari raya Imlek telah tiba lagi. Tahun ini jatuh pada hari senin tanggal 26 January. Oia selamat merayakan hari raya Imlek bagi yang merayakan, semoga tahun ini sehat-sehat selalu dan diberikan rezeki yang cukup, Amin. Perayaan ini lebih dikhususkan bagi etnis Tionghwa, walaupun dengan berbagai agama yang berbeda. Ada juga warga keturunan warga Tiongwha yang beragama Kristen tapi masih mengikuti perayaan Imlek ini. Menurut mereka Imlek bukan untuk atau hari raya suatu agama tapi sudah menjadi adat dan tradisi warga etnis ini.

Perayaan Imlek di kota saya, yaitu Pontianak, menurut saya adalah kota paling ramai perayaan hari raya ini dibandingkan dengan kota-kota lain di Kal-Bar. Apalagi di pulau Jawa dan selain Kalimantan, perayaan Imlek kuranglah semeriah di Pontianak, Singkawang juga gak kalah meriahnya. Bisa kita liat orang-orang pada pulkam alias pulang kampung untuk merayakan hari raya Imlek ini. Mereka yang bekerja merantau jauh pada pulang berkumpul bersama sanak fammily di kampung halaman, khususnya Pontianak dan Singkawang. Kita bisa liat dari arus mudik dari Pulau Jawa yang menuju Kalimantan. Jauh-jauh hari uda pada booking tiket kalo gak bisa kehabisan dan harga tiket pun melambung tinggi menjelang hari H.

Tahun ini tak lepas dari ciri khas Imlek, yaitu kue keranjang, jeruk bali dan buah nenas naga. Tak lupa dan tak bisa terlepaskan adalah angpau alias amplop merah berisi uang.. heheheee.. Buah nenas naga?? belum pernah denger yaa.. Nenas ini benar-benar nenas asli tapi bedanya nenas ini warnanya merah semua. Rasa nya tawar makanya tidak ada yang mau memakannya tapi hanya untuk pajangan di rumah aja sebagai hiasan. Nenas ini disimpan dalam pot seperti halnya sekuntum bunga. Sayangnya saya tidak sempat mengambil gambar/foto buah ini untuk diperlihatkan kepada soba-sobat semua. Harga buah ini juga berfariasi paling murah ya sekitar 50 ribu.

Dan puncaknya dalam perayaan imlek adalah pada hari ke 15 nya, tgl 15 penanggalan cina, yaitu perayaan cap go meh. Moment ini paling ramai dipusatkan di kota Singkawang. Berbagai atraksi pun ikut meramaikan. Tatung, tarian naga dan singa paling ramai menyedot perhatian warga.
Uda ahh capek ngetiknya, met hari raya Imlek bagi yang merayakan....

22 komentar:

ardisonic.com mengatakan...

wah klo ada fotonya pasti seru acaranya

Erwin Sapta mengatakan...

Gong xi fat choi

Sapta mengatakan...

Selamat imlek yah

Andi mengatakan...

:Menjelang Imlek semua sibuk nih Bro hehehe. Thanks sarannya.. masih blon berhasil nih.

ayik mengatakan...

singkawang rame banget bro...berisik suara petasan & kembang api...
link udah ayik pasang, konfirm ya kalo udah link back, thx...

Dewa mengatakan...

malm sob

didin mengatakan...

hai sob tukeran link yuk

de_08 mengatakan...

link sudah q add ok

Ard1 mengatakan...

Gong xi fa chai ....

CHIKO mengatakan...

Gong xi fat choi

tiyo mengatakan...

wdh..disini kok malah sepi ya....gong xifat choi dah...

Cece™ mengatakan...

Gong Xi Fa Cai buat yang merayakan..
Btw, tumben belum hujan nih?

intelektualkuldesak mengatakan...

salam kenal,,,,
link nya sudah saya pasang.
link back yah

budiawanhutasoit mengatakan...

waduh..saya pikir ada fotonya..lebih bagus kalo ada foto2nya deh.jadi kita tau kemeriahaan perayaan imleknya..

sonic mengatakan...

Apa kabar mas?

fafa mengatakan...

link dah dipasang, ditunggu link baliknya ya..

caca mengatakan...

met malam..linknya tak pasang...link balik ya...

bobi mengatakan...

tukeran link yuk...linknya udah kupasang

internet business mengatakan...

iya kalo ada foto lebih bagus nih postingannya, link dah di pasang as KRISTOFARUSAHON, link balik ya, smile today

Dewa_Nida mengatakan...

malam jalan-jalan nih.....

supri mengatakan...

ronda dulu lah

yumaima mengatakan...

gong xi fat coi walo telat....biar ga ikut merayakan tapi lumayan ikut merasakan kecipratan ang po....hehehe salam kenal

Posting Komentar